Tips BiLa LisTriK PaDam


Bagi yang punya ups komputer dirumah, bisa nih dicoba cara yang sudah saya lakukan sejak lama..tapi sedikit bongkar-bongkar ups...Nah.. ups khan kalo untuk komputer dirumah paling tahan jika listrik padam hanya sekitar 5-10 menitan aja..Sebenarnya ups ini bisa ditingkatkan daya tahan menyalanya selama berjam-jam.. tapi aki kering yang di ups diganti dengan aki mobil 30-50 amper-an kalo lebih besar lagi lebih bagus.. karena pemakaian akan semakin lama..
Caranya :
1. Casing ups dibuka
2. Colokan kabel ke aki kering dicopot dan disambungkan kabel ke aki mobil. Jangan salah ya.. untuk +/- nya.. kalo salah bisa terbakar ups-nya.. untuk kabel pake yang 2.5mili, kabel 2 warna, hitam dan merah..
3. Ujung kabel ke aki dipasangkan penjepit yg mirip mulut buaya untuk dijepitkan pada + dan - aki. Penjepit ini disambungkan pada kabel tadi
4. Nah.. sekarang udah bisa dinyalain..
Colokan keluar (output) bisa disambungkan pada instalasir listrik (salah satu tempat colokan) melalui kabel tapi sebelumnya, sekring meteran diturunin dulu.. Kalo untuk lampu, lumayan lama pakenya, bisa sampai semalaman tergantung beban pemakaian..
Nah.. setelah dipakai, stroom aki akan berkurang nih... untuk menge-charge aki bisa di charge di tempat pengecasan aki (stroom aki), biayanya murah kok, di Palu hanya 4000-5000 sekali charge sampai full.. + ditambahin air akinya lagi..
Kalo dicharge sendiri juga bisa, tinggal beli charger aki ukuran 5-20 ampere,
kalo listrik udah hidup, aki bisa dicharge... harga charge murah kok.. 200-500an ribu.. tergantung ampernya..
Kalo mau upsnya awet, karena dipakai selama berjam-jam pas padam listrik, bisa ditambahkan fan dc ukuran kecil di tempat aki kering ups tadi(aki kering dikeluarkan). Kabel fan disambung pada kabel colokan ke aki tadi (jangan salah +/- nya). Supaya fan tidak nyala terus, bisa dipasangkan switch on/off.. di on-kan pada saat listrik padam aja.. fan ini gunanya supaya ups-nya tidak panas..
Gampang khan..?
Silahkan dicoba..

Comments :

0 comments to “Tips BiLa LisTriK PaDam”

Post a Comment